Wajib Tahu! Doa Saat Melayat Orang Meninggal

Doa-Melayat-orang-Meninggal

Pakaicara | Kalian sudah tahu belum, ada doa yang harus dibacakan ketika melayat ke rumah orang meninggal. Sebagai muslim yang baik patut membacakannya, agar mayat tersebut mendapatkan rahmat serta ampunan atas dosanya oleh Allah SWT.

Kematian merupakan suatu peristiwa pasti, semua makhluk hidup akan melewati proses ini dan menerima balasan atas apa yang telah diperbuat selama di dunia. Seperti dalam Al-Qur’an:


كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya: “Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan measakan mati. Dan kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebagian sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan.” (Q.s Al-Anbiya:35)

Tidak ada satupun manusia yang dapat menghalangi atau membodohi kematian. Di manapun seseorang berada kematian akan selalu menemui orang tersebut, walaupun bersembunyi dari balik benteng nan kokoh sekalipun.

Bacaan Ketika Bertakziah

Doa-Takziah

Sebagai umat Islam bertakziah itu penting untuk menghibur dan mengurangi rasa sedih bagi keluarga jenazah yang ditinggalkan. Inilah doa yang bisa kalian bacakan ketika berkunjung ke rumah duka.


إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى…فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

“Inna Lilahi Maa Akhozna, walahu Maa A’thoo Wakullu Syai’in ‘Indahu Bi Ajalain Musamma… Faltashbir Walatahtasib.”

Artinya: "Sesungguhnya bagi Allah, apa yang Dia ambil dan bagi-Nya juga apa yang Dia berikan. Segala sesuatu bagi-Nya ada memiliki masa-masa yang telah ditetapkan, hendaklah kamu bersabar dan memohon pahala (dari Allah)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagi keluarga jenazah tentu ini dapat mengurangi rasa sedih, sedangkan bagi penyelawat akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Tujuan berkunjung ke rumah orang meninggal yaitu mendoakan serta mengingatkan akan kematian sendiri. Adapula adab bertakziah yaitu harus memakai pakaian tertutup serta bersikap sopan selama di rumah duka.

Doa ketika berpapasan dengan kerumunan pengangkut jenazah

Islam mengajarkan umatnya untuk saling mendoakan demi kebaikan dan keselamatan satu sama lain. Bahkan, ketika berpapasan dengan jenazah muslim yang asing.

Doa ketika berpapasan ini menurut Al-Qadhi al-imam Abu al-Mahasin al-Ruyani.


لا إله إلا الله الْحَيُّ الَّذِي لاَ يَمُوتُ

"Tidak ada Tuhan selain Allah SWT yang Maha Hidup dan tidak mati."

Terdapat dua perbedaan pendapat terkait adab ketika melihat atau berpapasan dengan jenazah. Pertama, berdiri sebagai penghormatan pada mayat namun menurut Ulama Hanafiyah ini adalah makruh.

Sedangkan lainnya menganjurkan berdiri hingga kerumunan pengantar jenazah sudah tidak terlihat atau menjauh.

Doa bagi orang tua yang telah meninggal

Kalau tadi ada doa untuk bertakziah, doa di bawah ini khusus untuk orang tua muslim yang meninggal. Agar orang tua senantiasa mendapat perlindungan dan pertolongan ketika di alam kubur.


اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

"Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk".

Bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran dan gantilah rumahnya dengan rumah dan keluarga yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya.

"Masukanlah dia ke surga dan lindungilah dari siksaan kubur dan fitnahnya serta siksa api neraka."

Kini sudah tahu doa melayat orang meninggal ya, sebagai saudara se-muslim patut mendoakan mayat agar mendapat rahmat dan pertolongan dari Allah SWT ya.